Friday, September 13, 2013

Akhir Pekan Pertama di Belgia: Kemmel Rommelmarkt

Nederlandse Versie:

Vandaag is 't zondag. Dit is mijn vierde dag in BelgiĆ«. Ik stond op om 06u30. Daarna heb ik ontbeten samen met Stans gezin. Om 09u00 vertrokken we naar Kemmel. Kemmel is een dorp in Heuvelland. We gaan er met de auto naartoe. Dit duurt 15 minuten. Het is hier kouder dan Poperinge. Ik heb het koud. Hier is een rommelmarkt. Hier zag ik veel mensen hun oude spullen kopen. Er zijn strips, lampen, kleren, speelgoed, meubels, kunstwerken, enzovoort. ik heb een jas gekocht. En daarna heb ik een spiegel gekocht. We hebben meer dan 3 uur rondgekeken. Daarna moesten we wachten op Liesbeth and Nicole, terwijl we rondkeken moest ik naar het toilet. Dan ging ik naar het openbaar toilet die ¢30 kost. Even later ging ik op nieuw naar het toilet die ¢50 kost. Toen gingen we terug naar huir. 

Versi Bahasa:
akhir pekan pertama di Belgia saya habiskan dengan berkeliling desa Kemmel. Kemmel itu terletak di sebuah perbukitan, sangat dekat dengan Poperinge, hanya 15 menit berkendara dengan mobil. 
Udara di Kemmel sangat sejuk... dan lebih dingin daripada di Poperinge. 
Minggu hari itu ada sebuah pasar rombeng yang digelar di Kemmel. Kemmel Rommelmarkt itu adalah acara tahunan. Desa-desa lain di provinsi West Flanders juga rutin menggelar rommelmarkt. Katanya sih, Kemmel inilah rommelmarkt yang terbesar di West Flanders. Gimana sih konsepnya rommelmarkt di Kemmel?
jadi beberapa minggu sebelumnya pada pedagang ini (bisa siapa saja, baik penduduk Kemmel atau penduduk desa lain) mendaftarkan diri ke panitia rommelmarkt untuk pesan lapak. Dengan lapak yang telah mereka sewa, para pedagang ini bisa menjual apa saja. Rata-rata adalah barang-barang bekas. Adapun barang-barang baru yang sudah tidak laku jual dan dijual dengan harga miring banget. Harga di rommelmarkt ini bervariasi... ada yang mahal banget sampai ada yang murah sekali. Jadi pintar-pintar kita saja mencari barang. Oh ya, di sini barang-barangnya masih bisa ditawar lho. Semakin pagi kalian datang, semakin banyak kesempatan untuk melihat barang-barang bagusnya, dan tentunya masih sepi. Jika sudah agak siangan memang rommelmarkt-nya jadi lautan manusia... dan anginnya bakal bertambah dingin. terus.. pengen bikin pipis. Sayangnya nggak ada toilet gratis, semuanya harus bayar, hiks...

Ada banyak barang sih yang menarik untuk dibeli.. apa daya? di dompet cuma ada €10.. Jadi saya beli yang butuh-butuh saja. Tipsnya kalau di sini, jangan kalap.. tapi jangan ragu-ragu juga.. beli apa yang benar-benar dibutuhkan.. memang sih kita akan bertemu banyak benda menarik dengan harga miring. Contohnya saya bertemu kamera Canon SLR cuma €35 aja, gimana nggak pengen dibeli? cuma kan emang saya ga punya duit, jadi langsung melengos aja gitu.. hiks sedih sih... Banyak juga benda-benda antik yang sebenarnya kalau dijual lagi bisa menguntungkan. dan di sini sistemnya kayak di banyak tempat di Eropa, nggak pakai kantong plastik atau wadah. Jadi para pembeli memang sudah tahu dan membawa tas belanjaan masing-masing. Kenapa jangan ragu-ragu? oke, Kemmel itu lumayan luas, ada banyak stand/booth yang bisa dilihat, jika kalian melihat satu barang yang pengen banget dimiliki, mendingan langsung dibeli aja, apalagi kalau harganya cocok. Soalnya, kalau kalian mikir-mikir lagi, terus ngeliat-ngeliat stand lain, dan begitu kembali ke stand yang tadi barang yang kalian incar sudah dibeli orang. Nyesek nggak? Hehhee.. 
Dari hasil berburu di Rommelmarkt ini, saya ketemu jaket cuma €2... Dua euro sajah sodara-sodara!!! awalnya sih di tag-nya €1, pas saya mau bayar satu keping euro, sama pedagangnya dinaikin €2, yaah gapapa lah, masih dalam kategori murah meriah gitu! Kondisi jaketnya juga masih bagus banget. Dan kebetulan saya butuh banget karena udara di sana dingin. Lagian saya ke Belgia nggak bawa baju-baju dingin.  Setelah jaket, saya terus berjalan-jalan melihat berbagai dagangan yang digelar di rommelmarkt. Saya di kamar memang lagi butuh kaca rias. Dan bertemulah saya dengan cermin rias yang sekaligus bisa dijadikan kabinet untuk menyimpan aksesoris seperti gelang, anting, dan kalung. Cermin rias itu dibandrol €5. Mas Doi membantu menawar cermin itu hingga sepakat €3 aja. Asiik.. total belanja hari ini cuma €5 udah dapat cermin kayu dan jaket musim dingin. Senangnya!




















Ini lho jaket seharga €2 :)








No comments: