Thursday, November 10, 2011

Festival Film Eropa di Istituto Italiano di Cultura

Dua hari ini gw dateng ke Festival Film Eropa.
Rabu kemarin (9/11) awalnya gw dateng sendirian ke Istituto Italiano di Cultura, Menteng, Jakarta.
film pertama yang gw tonton judulnya : "Nunta in Basarabia" (klik judulnya kalo mau nonton thrillernya. mau tau ringkasan ceritanya bisa baca di sini.
Film yang satu ini selalu menghadirkan kekonyolan-kekonyolan. Ada sisi seriusnya juga, tapi selalu ada konyolnya yang bikin satu ruangan di Istituto Italiano di Cultura (IIC) jadi penuh gelak tawa.
Nunta in Basarabia bukan cuma mau menghadirkan film komedia ja, sebenarnya ada sisi-sisi politik-historis yang mau disampaikan. Bagaimana pernikahan antar dua bangsa itu, dll. Tiba-tiba di film ini gw ngeliat emaknya si L. sumpah mirip banget. apa emaknya si L artis Romania ya? tapi kok gak bilang-bilang gw? (lha emang siapa gw??)
Film ini bikin gw ngerti penjelasan temen gw orang Hungaria soal tradisi pernikahan di Eropa Timur, para saudara gak diizinkan datang ke pesta kalau gak bisa ngasih angpao. sedih yak? beda banget kalo kondangan di sini, siapa aja bisa dateng, dan kasih angpao mana suka.

Selesai film pertama, jam 5 sore, temen sekelas saya Qtul ama Tali nyusul saya ke IIC, film yg diputar kali ini dari Austria. Judulnya, In 3 Tagen Bist Du Tot. hmm, sebenarnya film ini biasa aja, tapi yang bikin gw seneng adalah pemandangan Austria yang bener-bener asri. Setelah ngeliat setting Romania dan Besarabia, begitu nonton film yang settingnya di Austria, kayak ngejomplang gitu. anyway, ini film yaah cukup bikin tegang sih, tapi ya gitu-gitu aja lah..

Hari ini gw dateng lagi ke IIC, gw dateng sendirian lagi ke sana. Sedih banget gak sih hidup gw? kemana-mana sendiri? kayak gak punya temen? well, bukannya gw gak punya, cuma temen yang satu misi dan satu perasaan tentang hal-hal kayak gini emang lagi pada gak bisa diajakin jalan. Yah, daripada gw kelewatan hal-hal yang menarik, ngapain juga mesti sama temen kalo gw bisa jalan sendiri. Jadi orang itu jangan manja, kemana-mana mesti ditemenin, kalo temennya gak ikut dia gak jadi ikut. Orang kayak gitu mah gak punya pendirian. Payah.

opps, maaf ya jadi curhat, hahah :DD
Hari ini gw nonton film Turki, http://www.imdb.com/title/tt0476735/ Babam ve Oglum. Ini adalah film Turki pertama yang pernah gw tonton. Awalnya gw sempet underestimate sama film Turki. Eeehh gak taunya, 10 menit pertama dari film ini diputar air mata gw langsung merebak. YA eeelaah cengeng bener gw.. tapi hampir 60 menit setelah diputar, ternyata gak cuma gw doang yang nangis, kiri-kanan gw pada mewek semua. hahahaha jadi gw gak perlu malu buat nangis sesenggukan, mana kagak ada tissue lagi, ckckckck..sroot srrooot.


satu hal yang bikin air mata gw berderai sepanjang film, gara-gara film ini ngingetin gw sama bokap gw. Film ini bikin perasaan kangen gw balik lagi. Sedih banget rasanya sewaktu ditinggal seorang ayah meninggal. Perasaan itu kenaaa banget.

Well, lanjut ke film kedua, hari ini gw nonton film Kroatia. Play Me a Love Song
Settingnya sih gak beda sama film Romania yang kemaren. Film ini dibuat tahun 2005, tapi seolah kayak tahun 2000, agak jadul begitulah. Emang sih, menurut padangan gw negara-negara Eropa Timur itu seperti agak terbelakang dibanding Eropa Barat. yah begitulah.
yang gw dapet dari film ini, apa ya? kocak sih, sedih juga dikit. tapi biasa aja sih.

Setelah dua hari nonton film-film Eropa, gw kayak tersadarkan gitu, walaupun film-filmnya biasa aja, tapi tetap aja mereka punya ciri khas. Yang gw tangkep sih, pesan atau ideologi yang terkandung dalam film-film mereka itu dalem banget maknanya. Apa mungkin gara-gara itu film pilihan ya? jadi ceritanya agak-agak berbobot.
Kata temen-temen gw, film Prancis suka absurd, sebenernya gw pengen nonton juga, tapi gak sempet, ya udah lah ya tahun depan gw kayaknya mesti tiap hari dateng ke acara kayak gini.

Eh sewaktu gw mau pulang, gw dapet goodybag, kayak kemaren juga sih, Isinya: satu kotak Nescafe, satu bungkus Milo, dan satu bungkus Kit Kat. :)

No comments: