Friday, January 7, 2011

Kartupos oh kartupos riwayatmu kini


Minggu lalu, di Gramedia Mall Ciputra, Jakarta Barat.

"Mbak, mbak, jual kartu pos gak ya?" tanya saya kepada wanita penjaga cashier.
"Ha? Kartu pos? gak ada." Sejenak wanita itu menoleh ke belakang, menoleh ke manajernya meminta bantuan.
Yang ditoleh, alias sang manajer itu terpaku sejenak. Tidak memberi tanggapan.
Si wanita cashier itu berkata lagi, "Kartu pos gak ada. Adanya postcard."

Saya terpana untuk beberapa saat. Tersentak kaget.
Ada segumpal kesal, tapi kok saya tidak bisa untuk melampiaskan kepada wanita di depan saya ini. Akhirnya, perasaan itu berubah menjadi kasihan. Ckckck.... sayang sekali..

Mata saya mendelik.
Wanita itu entah tersadar atau tidak segera menimpali, "Postcard itu kartu pos kan?"
Jelas dia bertanya kepada saya.
Menghela napas, lalu saya katakan, "IYA, kartu pos itu postcard." (kalau Cinta Laura yang nanya sih, saya maafkan)
Melihat situasi yang terus seperti itu, sang manajer mengambil tindakan. "Mari saya antarkan."
Menggeleng-gelengkan kepala, hanya itu yang dapat saya lakukan,

Dapat kita lihat, ini sebuah potret posisi sebuah kartu pos di kehidupan kita saat ini.
Sekarang saya tanya kepada Anda, pernahkah anda menerima sepucuk kartu pos?
pernakah Anda (kalau bisa penuh dengan semangat) pergi ke kantor pos demi mengirimkan sebuah kartu pos?

Di suatu pagi awal tahun 2011, tiba-tiba otak saya terbersit sebuah ide. MENGIRIMKAN KARTU POS KE SELURUH DUNIA. Entah kenapa, saya tertarik mengirimkan kartu pos kepada orang asing yang tidak saya kenal (hanya tahu nama dan alamat). Di setiap kartu pos yang saya kirimkan selalu terselip beberapa kata-kata mutiara dalam bahasa Inggris yang sengaja saya pilih secara acak.

Sejauh ini, di minggu pertama bulan Januari ini. Saya telah mengirimkan 11 kartupos ke Yunani, Kanada, Italia (2x), Mexico, Guatemala, Thailand, Turki, Algeria, dan United Kingdom.

Saya sangat bersemangat dengan kesibukan saya satu ini.
Saya jadi sering-sering mengunjungi Kantor Pos Pusat Indonesia yang terletak di Pasar Baru. :)

Mungkin Anda bingung, kenapa saya harus mengirimkan kartu-kartupos itu?
Pertama, kartupos yang saya kirimkan bergambar objek-objek pariwisata di Indonesia. Yah, kalau boleh dikatakan, misi saya adalah memperkenalkan Indonesia ke kancah Internasional.. (hahahhaa sombong banget dah)
Kedua, kata-kata mutiara yang saya pilih secara acak itu semoga bisa memberi semangat kepada orang-orang asing (yang bahkan saya tidak mengenal mereka sama sekali).
Ketiga, alasan terakhir, hmmm... perasaaan luapan kegembiraan itu selalu ada.
Ada saat-saat yang membuat saya sangat senang menanti-nanti balasan kartu-kartu pos dari mereka. Kita tidak pernah tahu kapan kartupos kita itu sampai kepada orang yang dituju. Kita juga tidak pernah tahu kapan kartupos itu sampai di depan pintu rumah kita, Segala ketidakpastian itu menyebabkan timbul perasaan-perasaan yang menyenangkan.

Kalau sekarang sudah ada Facebook, Twitter, MSN, YM!, dll, perasaan mendapatkan kartupos dan mengirimkan kartupos itu sangat berbeda. beda daripada yang lain. Percaya deh!

Berapa biayanya? Tuh kan, mungkin kalian akan berpikiran, "Ah, kirim ke luar negeri kan mahal."
Untuk sepucuk kartupos ke luarnegeri cukup menggunakan prangko Rp5.000 saja. Mau kirim ke Zimbabwe atau ke Macedonia, cuma butuh duit goceng.

Ayo, tunggu apa lagi!
Kirimkan kartupos kepada saudara, teman, orang asing yang kalian tahu. Atau bahkan, kirim kartupos untuk pacar kalian! Pasti sang pacar akan kaget dan tersipu malu. hahahah (sotoy banget deh)


Sekian dari saya, semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk terus mengembangkan dunia filateli Indonesia.

Salam hangat,
Alfi

5 comments:

ibnumarogi said...

Kereeeeen T_T

ibnumarogi said...

Kereeeeen!

Syubidupapap said...

Yeah!! Saya dah punya beberapa teman-teman yang minta dikirimin kartu pos, senangnya ^^ Sekarang tinggal berburu kartu pos nih :D

gypsyholic said...

asiiikk yah selamat berkartupos riaa :))

a journey said...

what an inspiring idea! I definetely need this. Thank you very much for sharing. I am about to send some post cards to many friends I know out there. Thank again.