Thursday, June 21, 2012

Cara Membuat Froyo Straberry

Sepulang kerja dari Kineforum, pukul 21.45 saya bergegas ke Carrefour Harmoni untuk membeli serbuk jeli dan yogurt. Saya sudah tidak sabar untuk pulang ke rumah dan membuat percobaan. 
Rasa penasaran ini bermula ketika saya melihat sebuah resep di salah satu tabloid masakan. Hmm.. kayaknya menarik. 

Dan semalam, percobaan tersebut dimulailah...


Pertama yang harus disiapkan adalah
  • cetakan jeli
  • strawberi beku 250 gr
  • serbuk jeli 100 gr (larutkan dengan air hangat 100 ml)
  • gula pasir 100 gr
  • plain yogurt 200 gr (2 bks)



Kedua, setelah semua bahan-bahan kita siapkan, marilah masukkan plain yogurt, gula pasir, larutan jeli, dan strawberi ke dalam blender. Nyalakan blender, tunggu hingga semua bercampur dengan rata, dan matikan blendernya. 
Setelah itu, baru masukkan hasil blender ke dalam cetakan-cetakan yang telah disiapkan. Kemudian, simpan cetakan-cetakan tersebut di dalam freezer, dan tunggu hinga semalaman. 



Langkah terakhir, setelah kita tinggal tidur semalaman, froyo-froyo itu akan membeku di dalam freezer, sehingga saat kita bangun pagi mereka sudah siap dihidangkan untuk sarapan :) Well, yang satu ini aneh sih, kenapa buat sarapan ya? haha, mungkin saya yang sudah tidak sabar untuk menyantapnya sebagai menu sarapan hari ini. Sepertinya froyo ini akan lebih enak disajikan sebagai dessert makan siang kita. Satu kali pembuatan froyo ini dapat menghasilkan 14 porsi.

Dari segi rasa, setelah saya coba, awalnya saya pikir hasilnya agak kenyal-kenyal gitu karena pakai jelly, ternyata hasilnya lebih mirip frozen yogurt. Saya baru sadar singkatan froyo itu kan singkatan dari frozen yogurt. Aduh, bodohnya saya! hahaha :) Menurut saya sih eksperimen ini termasuk berhasil, buktinya saya suka. Tapi kalau kata orang-orang di rumah, mereka bilang froyonya asam banget. Ya iyalah.. itu kan strawberry dan yogurt, jelas aja asem. Lagipula, saya sengaja pakai sedikit gula, biar rasanya jadi natural. Kalo kemanisan bikin eneg, mending juga agak asem sedikit. heheehe

Bagaimana kalian tertarik? mudah kan? Selamat mencoba :)

2 comments:

IdhaUmamah said...

aaa.. alfi, mau!
seger kali sepertinya :9

natureahead said...

hehe iya nih da, kalo u doyan yang asem-asem seger gitu yang ini cocok buat dessert :)