Monday, January 27, 2014

Berburu Diskon Musim Dingin di Belgia

Januari musim 2D. Musim dingin dan musim diskon. Semua gerai fashion punya diskon. Bahkan sampai toko baju-baju bekas pun ngasih diskon juga. Agak bete juga sih, soalnya sebelum natal kemarin saya sudah belanja baju lumayan banyak buat persiapan winter. Saya nggak nyesel sih, soalnya coba kalo saya nunggu sampai musim diskon, bisa mati beku di sini. Lagipula, barang-barang diskonan juga sebagian besar model-modelnya nyentrik / bahannya cacat.

Awal-awal musim diskon saya coba berkunjung ke C&A dan sempat liat-liat di H&M, yah.. diskon tapi yah kayaknya bagi saya mahal-mahal juga ujung-ujungnya. Mendingan beli baju bekas deh. :)
Eh kebetulan pas lagi di kelas, guru saya ngasih tau ada toko baju bekas yang ngasih diskon. Tokonya deket banget dari tempat les. Diskonnya. Beli satu dapat dua. Ambil 2 pcs bayar 1 pcs. Paham?
Sebenernya saya nggak gitu tertarik amat ngubek-ngubek baju diskon di toko baju-baju bekas. Soalnya saya tahu barang-barangnya kelewatan vintagenya! baju-bajunya kayak buat oma-opa semua! Males kan? tapi saya iseng aja, siapa tau nemu yang okean dikit gitu, hehehe. :)
Nah, saya sebelumnya belom punya tuh baju yang kerahnya sampai leher, turtle neck istilah gaulnya.  Eh saya nemu 3 kaos lengan panjang berkerah turtle neck dengan warna abu-abu, coklat tua, dan merah. Dua di antaranya kaos-kaos dengan merk ternama. Langsung seneng dong saya? Karena baru nemu 3, jadi saya nyari 1 lagi. Eh ketemu deh kaos v-neck lengan panjang abu-abu. Waktu itu saya nggak tahu tuh harganya semua berapa. Soalnya semua baju nggak ada price-tagsnya. Saya pasrah aja deh. Waktu itu di dompet adanya cuma 7 euro pisan.  Pas di kassa, kasirnya bilang "4 buah totalnya 7 euro".
Buset, ini kasir bisa liat isi dompet saya yah? yah pokoknya saya keluar girang banget 7 euro dapet 4 baju hangat masih bagus-bagus pula.

Pemburuan diskon musim dingin yang kedua terjadi di Charles Voegele. Semacam factory outlet dari Switzerland. Cabangnya ada di mana-mana di Belgie. Mereka punya diskon sampai 70%. Awalnya sih saya nggak minat dateng ke tokonya, soalnya saya pernah masuk ke sana pas lagi nggak musim diskon, ya ampun harganya selangit semua! (okay lebay, tapi emang harganya di atas rata-rata dikit, alias di atas H&M.)
Saya lihat-lihat baju perempuannya, diskonnya 70%, harga setelah didiskon rata-rata 5-9 euro. Ya ellah harga segitu mah masih mahal buat saya. Maklum lagi cekak banget dompet.
Eh pas saya lihat ke sesi baju anak, ada beberapa ukuran yang keliatannya muat buat saya. Saya ambilah celana jeans ukuran 164 (ukuran untuk anak 14 tahun). Dan muat!! harga awalnya 13 euro, setelah dikorting 70%, jadi sekitar 3 euroan! Man, kapan lagi dapet celana jeans baru seharga 3 euro di Belgia?
Sekarang saya udah tau triknya, kalo mau beli baju cari ukuran anak 164, karena rata-rata baju anak lebih murah daripada baju dewasa. So, di Charles Voegele saya dapat 1 celana jeans, satu dress buat musim panas, legs warmer terbuat dari wool, celana elastis buat di dalam rumah, total belanjaan cuma 12 euro aja. Biasanya 12 euro cuma bisa dapet 1 baju, sekarang bisa dapet 4 items. Horay!

sekian belanjanya :)


Maaf ya saya nggak ngasih foto-foto bajunya, pas lagi nulis ini semuanya lagi di mesin cuci, :)

No comments: