Monday, December 15, 2014

Xiaomi di Belgia??! (Ulasan Xiaomi Note 4G)

Kamu lagi di Eropa dan sedang mencari smartphone dengan harga yang terjangkau?
Apa kamu pernah mendengar merk Xiaomi?

Belum pernah? Tenang, setidaknya kamu nggak sendirian. Pertama kali saya tahu merk Xiaomi itu dari seorang teman yang membagikan sebuah artikel di Facebook. Artikel tersebut bukan tentang Xiaomi, melainkan ulasan penurunan saham ponsel Samsung. Artikel tersebut menyebutkan bahwa saat ini Xiaomi merupakan saingan Samsung. Dan disebutkan juga bahwa Xiaomi telah menduduki posisi ketiga dalam ranah pasar ponsel dunia. Ini beneran nggak sih?

Saya sempat nggak percaya dan kemudian menjadi penasaran. Saya tanya orang-orang di sekeliling saya, apa mereka pernah dengar merk Xiaomi? Jawabannya nihil. (NB: saya tanya kepada orang-orang Eropa).

Dengan berbekal sedikit googling, saya mulai mendapat pencerahan siapa dan apa itu Xiaomi. Ternyata Xiaomi itu konsumen terbesarnya masih berada di Asia. Pantas saja saya tanya orang Belgia, mereka tidak tahu. Salah satu artikel yang saya baca di internet, ada yang menyebutkan bahwa Indonesia mempunyai animo yang besar dengan produk Xiaomi. Saya masih kurang percaya dengan pernyataan tersebut. Dan mulailah saya tanya teman-teman kampus via grup Whatapp. Ada banyak respon positif yang saya dapat. Katanya, kalo mau dapat ponsel Xiaomi harus pesan dahulu di salah satu situs belanja ponsel online. Dan situsnya hanya satu, kalian yang di Indonesia, pasti tahu banget apa nama situsnya :)

Saya juga melakukan riset kecil-kecilan di Youtube, sudah ada banyak reviewer tentang Xiaomi. Sampai pada akhirnya, saya berpendapat, "Wah, boleh juga ya produk Xiaomi, speknya oke, harganya pas di kantong."
Setelah saya mempelajari produk-produk Xiaomi, saya mulai naksir pada Xiaomi Redmi Note 4G. Alasannya:

  • sudah ada 4G
  • layarnya 5,5"
  • baterainya bisa dilepas
  • harganya terjangkau untuk kualitas yang oke. Jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel dengan spek yang sama, Xiaomi jelas jauh lebih murah.

Dan masalahnya adalah....



bagaimana saya bisa mendapatkan Xiaomi di Belgia? Bahkan semua orang yang saya kenal di sini nggak pernah dengar merk itu.
Mulailah saya googling mencari toko online murah tapi aman. Ada beberapa pilihan situs online yang saya temukan. Akhirnya saya memilih untuk menggunakan Ali Express.
Saya belum pernah membeli sesuatu di Ali Express. Saya sempat ragu apakah barangnya akan asli? Di Ali Express, kalian akan menemukan banyak toko-toko yang menjual produk Xiaomi. Kemudian saya memilih toko yang mendapat banyak ulasan-ulasan positif.

Kebetulan toko yan saya pilih itu mempunyai gudang di Eropa, di Inggris dan di Spanyol. Jadi kalau saya memesan dari gudang di Inggris, ketika pesanan dikirim ke Belgia, saya tidak perlu membayar bea cukai.
Sebenarnya kalau dihitung-hitung ongkos kirim dari Cina atau dari Inggris tidak beda jauh. Jelas, kalau saya pilih dikirim dari Inggris, pesanannya akan lebih cepat sampai.

Biaya yang saya keluarkan sebesar 180 euro, sudah termasuk ongkos kirim. Kata tokonya maksimal 18 hari pengiriman, tetapi saya sudah mendapatkan pesanan saya 5 hari dari tanggal pembayaran. Wah cepat juga ya.

Hore akhirnya paketnya sampai!
Kok di dus tidak ada segel seperti ponsel-ponsel pada umumnya? Jangan panik, si penjualnya telah membuka segelnya untuk mengisi Google Play di ponsel yang kita pesan.
Selain ponsel, saya mendapat anti gores, silicon case, dan kabel USB. Charger akan langsung dikirim terpisah dari Cina, jadi saya hanya tinggal menunggu.







Saat saya menulis artikel ini, saya telah menggunakan Redmi Note 4G selama kurang lebih sebulan. Sejauh ini tidak ada kendala yang besar, hanya ada bug di aplikasi alarm, saya tidak bisa mengatur alarm untuk berdering setiap hari secara otomatis.

Kualitas kamera depan bagus. Kualitas kamera belakang juga lumayan oke.
Speaker cukup bagus.
Baterai agak sedikit boros, setiap malam saya harus mengisi ulang baterainya.
Layarnya cukup besar, jadi enak untuk membaca artikel. Saya tidak memasang anti gores pada ponsel ini. Walaupun demikian, layar ponsel ini cukup kuat, tidak mudah tergores.

Karena silicon case yang diberikan dari toko tidak melindungi layar, akhirnya saya memesan case yang ada tutupnya. Saya pesan case tersebut di Ebay, harganya cukup murah sekitar 6 euro dan pengirimannya sekitar 3 minggu. Saya suka dengan case ini karena ada dua celah untuk menyisipkan kartu dan satu celah untuk menyisipkan uang. Sangat praktis.


No comments: