Sunday, September 20, 2015

Kuliah Lagi: Proses Daftar Kuliah di Belgia

Mudah! 

Ada rencana mau kuliah di Belgia, khususnya daerah Vlaanderen? Prosesnya mudah menurutku.

Jadi setelah 2 tahun ikut les bahasa Belanda di Belgia, saya memutuskan untuk lanjut kuliah. 
Kali ini saya memilih college, karena di college akan lebih banyak belajar hal praktis daripada teorinya, karena saya sudah pernah belajar di universitas, jadi cukup tau lah. 
Nama sekolah saya Hogeschool West-Vlaanderen di Kortrijk, ini websitenya

Syarat untuk mendaftar kuliah di sini tidak terlalu repot, di sini link persyaratannya. 
Biasanya pendaftaran dibuka sejak akhir Juni, jadi yang diperlukan adalah:
  • kartu ID Belgia +fotokopiannya (bisa bikin dulu di balai kota setempat)
  • untuk pelajar asing perlu menunjukkan sertifikat kemahiran berbahasa Belanda tingkat 8 atau setara dengan Vantage 2,  atau B2,  atau tingkat 3.2. Untuk universitas biasanya perlu sampai C1, atau 4.1, atau Richtgraad 4. 
  • Ijazah SMA/Univesitas/pendidikan terakhir yang sudah dilegalisasi kedutaan Belgia dan yang sudah diterjemahkan/ sudah dalam bahasa Inggris.
  • terakhir, bawa kartu debit untuk membayar uang sekolahnya. 
Untuk biaya pendidikan bachelor di college, harganya berbeda-beda setiap jurusan, tetapi biasanya bedanya tidak terlalu jauh, hanya beda beberapa ratus euro :P. Untuk Howest harganya bisa lihat di sini.  Setelah membayar uang kuliah, kalian juga bisa meminta keringanan dari pemerintah Belgia, setiap orang kasusnya berbeda-beda, jadi untuk lebih jelasnya soal keringanan/beasiswa dari pemerintah Belgia bisa langsung baca-baca di sini. Di website tersebut kalian bisa menemukan serba-serbi lengkap tentang hak-hak apakah status kalian bisa mendapat beasiswa/tidak. Atau kalian bisa juga mengajukan beasiswa dari instansi mana saja. 


Untuk tempat tinggal/kos-kosan di Kortrijk ada banyak pilihan, mulai dari 200 euro untuk bayangan harganya bisa lihat di sini. 

Kalau sebelumnya pernah kuliah dengan mata kuliah yang sama, nilai-nilainya bisa ditransfer, tapi sebelumnya ijazahnya harus disetarakan dulu dengan sistem di Belgia. 
Kalau ada kendala-kendala lain, seperti disleksia, ADHD, sudah punya keluarga, sambil bekerja, atau cacat fisik, sekolah-sekolah di sini mempunyai fasilitas yang bisa menyesuaikan dengan kondisi pelajar. Keren kan?

Untuk soal visa pelajar, bisa sebelumnya menghubungi sekolah yang ingin dituju, untuk memberikan surat ke kedutaan Belgia, dan syarat-syarat visa pelajar bisa dilihat /hubungi di website kedutaan Belgia. 




2 comments:

ayu prahita said...

Alfi, salam kenal, aku tinggal di ieper. Boleh minta wa nya?

Alfi Yusrina said...

Hi Ayu salam kenal juga yaa, wah deket dong di Ieper, kamu email nomor WAmu dong ke alfi.yusrina@hotmail.com