Wednesday, November 2, 2011

pelampiasan kegalauan

apa yang kalian lakukan kalau sedang galau?
beberapa hari yang lalu, saya dilanda kegalauan. Saya tidak tahu apa penyebabnya, tapi sadar tindakan saya ini sangat absurd dan random sekali.

di suatu Jumat sore, setelah segala masa-masa acara di kampus berakhir, sore itu adalah sore tersore saya berhasil pulang dari Depok, sekitar jam 3 dari kampus. Biasanya, 3 bulan belakangan ini saya pulang di atas jam 7 malam dari sana.

Jumat sore itu, saya turun di stasiun Juanda (seperti biasa). Bedanya, saya tidak langsung naik Transjakarta. tetapi menunggu bus P2 arah Utan Kayu. Saat itu tanah basah setelah disiram hujan. Saya sengaja memilih tempat duduk di samping jendela, bus melaju cepat tanpa hambatan macet, saya sangat menikmati udara sejuk sepanjang perjalanan Juanda--Matraman.

Saya turun di sebrang Gramedia Matraman. Masih dengan perasaan yang tanpa arah dan tujuan, saya masuk toko buku Gramedia Matraman. Ada sekitar 3 jam saya di dalam sana.

Inilah hasil yang saya dapatkan:
alasan: karena penulisnya Oka Rusmini. Setelah saya baca beberapa lembar, saya memutuskan untuk melanjutkannya besok-besok. Soalnya saya kurang dapat menghayati puisi-puisinya.




alasan: dilihat dari sinopsis dan sampulnya yang unik. Saya tertarik untuk membawanya pulang. :) Dan ada iming-iming finalis booker prize 2005 dan Pemenang Saga Award For WIT 2005.

alasan: lumayan untuk literatur tambahan saat mengerjakan tugas-tugas kuliah.

dari sekian banyak buku yang saya ambil hari itu, buku ini yang termahal.
Alasan: sampulnya menarik, dan saya sudah membacanya sinopsisnya di Tumblr. kata orang-orang bagus :)

alasan: Saya percaya setiap tulisan seorang Seno Gumira pasti bagus :)

alasan: saya percaya juga Agus Noor temannya Seno, pasti tulisannya bermutu. Saya juga sudah mendengarnya dari beberapa gosip yang beredar melalui twitter.

alasan: sejak kelas Sastra Anak, saya rindu akan bacaan-bacaan anak. Roald Dahl adalah salah satu penulis buku anak-anak favorit saya. Dia kreatif banget!
Alasan: sepertinya bisa untuk tugas akhir kelas gender, dan lagi-lagi karena pengarangnya orang beken jadi saya beli deh hehehe:)
Dunia di Kepala Alice, setelah membaca Being Ing, saya tertarik dengan tulisan Ucu Agustin. itulah sebab saya membeli buku ini :)


Tibalah saya menghadap kasir, jengjeng!!!! sekiaaan aja jumlahnya. cukup membuat saya mendelik sih, tapi ya sudah lah, saya jadi seneng gak karuan setelah membeli banyak buku. berasa orang kaya. hahaha..
Sewaktu mau keluar dari toko buku, eh hujan, untung bawa payung. Akhirnya, saya mondok di dalam halte Transjakarta.
Perasaan galau itu belum mau ditepis, akhirnya saya duduk manis di dalam halte sambil membaca Esio Trot, sekali-kali saya termangu melihat hujan deras yang menyambar kaca halte, dan memerhatikan kilat yang diiringi suara gemuruh yang hebat. Sebuah moment di mana saya menjadi sangat asing di dunia ini. Momen yang menyenangkan. Setelah satu buku saya selesai baca. Saya kemudian naik Transjakarta. Harmoni ke mana saya kembali.

Hari ini, saya bertemu dengan teman lama. dan kami berakhir dengan mengunjungi Kompas Gramedia Palmerah. Semangat berbelanja buku yang ada di dalam diri saya sulit untuk dipadamkan.
alhasil hari ini saya memborong beberapa buku lagi,
alasan: penulisnya Jane Green, saya sudah baca novel-novel sebelumnya, dan saya senang dengan gaya berceritanya.
alasan: saya senang dengan kovernya, dan labelnya chick-lit. favorit saya :)

alasan: lagi-lagi saya beli Roald Dahl!! senangnyaa,,

alasan: Joko Pinurbo salah satu sastrawan nyeleneh, dan sekilas saya baca puisi-puisinya cukup menarik dan menghibur.

ini nih buku yang terakhir, alasan: semester depan saya ambil mata kuliah Melayu Tionghoa, jadi saya rasa butuh untuk membaca buku ini.

dan, di Carefour Duta Merlin, di minggu yang sama, saya membeli dua buku lagi,
alasan: kata BFF ceritanya bagus, ya saya beli deh :))

alasan: tanggal 18 November 2011, rencannya saya bakal menghadiri Temu Tokoh bersama Nh. Dini di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. YA, biar dapat tandatangannya gitu,, hehehe :))


Kalau dihitung-hitung saya sudah melarat gara-gara belanja ini-itu, gilaaa saya kalap bukan main!!
Membeli buku-buku adalah pelampiasan kegalauan yang mujarab.

silakan dicoba :)

salam,
Alfi

No comments: