Thursday, June 18, 2009

10 tahun terperangkap di Bak Air.


Ini kisah nyata, persis seperti Sinetron Innayah waktu Sella/Sarah disekap di bak penampungan air (hahha, ktahuan suka nonton sinetron deh)

Pagi, pkl.08.40
"Teng Bun!!!" teriakan nyonya memanggil supirnya.
"Lagi cuci mobil Nyaah.,," jawab kami para pelayan.
"Rini!!!" teriak Nyonya lagi memanggil mamaku.
"Lagi nyari fotokopi KTP buat Hak Paten Nyah.."jawab kami lagi.
"Lia!!!" teriaknya lagi memanggil pembantu rumah tangga-nya.
"Iyaa, Nyahh" sahut Lia bergegas menghampiri Nyonya.
"Alfi!!!" Ah akhirnya dipanggil juga namaku!!
"Iya Nyah,,,"jawabku segera, padahal aku sedang membantu mama mencari KTP. Segera ku susul Lia menemui majikan kami.
"Lia,Alfi, ini nih bak penampungan di cuci sana sampe bersih,,tuh liat kalajengkingnya pada bengkak-bengkak" perintah Nyonya pada kami berdua.

Aku menelan ludah saat melihat kedalaman bak penampungan air yang sangat keruh. Sudah keruh ditambah ada dua bangkai kalajengking yang melekat di dasar bak.
aku berpikir, mungkin Lia yang ditugasi turun untuk menyikat bak.
tiba-tiba, Nyonya berkata "Alfi, kamu aja yang turun, itu si Lia kan badannya gede, nanti pipanya bisa patah lagi??"

Guess Whatt??gue disuruh turun ke bak penampungan??berendam suam-suam kuku bersama bangkai kalajengking??
terkutuk lah si Lia itu yang memiliki badan subur ketimbang aku,, mimpi apa aku semalam??
Yah,,beginilah nasib PRT seperti ku yang merantau hidupp di Jakarta.

Gimana rasanya tersekap dalam bak penampungan air??
begitu masuk, dalamnya sekitar dua meter, air sudah disedot, tapi masih tersisa hingga semata kaki lebih, alhasil pekerjaan pertama yang harus aku lakukan mengangkat air naik keatas menggunakan ember, di atas sudah ada Lia yang siap menerima untuk membuang air ke got.
Oke, perasaan yang melanda adalah JIJIK, gimana sih lo terkepung dalam tempat gelap nan sempit, banyak binatang yang gw ga tau..

gw kan orangnya parnoan,,udah ngayal yang nggak-nggak,,kayak adalah nanti kalajengking nemplok di rambut gw, ato gak kaki gw mungkin bakal kemasukan kutu air ato cacing pita lah,,

arghh,,berhubung juga nyonya ngawasin dari atas,,makanya gw ga bisa memperlihatkan rasa JIJIK gw ini,,yang ada malah nanti gw kena damprat berkepanjangan,,udah tau kalo nyonya ngomel bisa dari subuh sampe subuh lagi.
Dari atas nyonya bilang "Di sikat tuh pojok-pojoknya,,sampe bersih!!!soalnya sekarang lagi jaman flu babi, nanti sekali jorok aja bisa kena deh"
spontan gw gosok2 tuh dinding dengan semangat,,soalnya gw mandi, boker, cuci tangan dari air yang tertampung disini, kalo nih penampungan jorok, kan gw juga bakal sakit,,
makanya demi kebersihan bersama,rasa JIJIK gw ilang,,gw mesti bersih nyikatnya.

Mulai dari nyiduk air sampe dasar penampungan kering, mungutin kreikilkerikil hitam yang gw pikir telornya kalajengking (emang kalajengking bertelor??),,nyikatin sudut2 bak yang hitam lembab, lumut,,arggh ga kebayang deh...
setalah gw sikatin semua permukaan dinding yang berkerak itu,,gw bilas dengan air bersih,,sesudah itu, gw pel pake kain, gw lap lagi biar kering, dan kinclong..

Tadaaaa...gw berhasil menyelesaikan amanat Nyonya ini , baru kali ini seumur-umur disuruh nyuci bak,,
Begitu bak sudah kinclong dan kering,,gw bingung nih..keluarnya gimana nih??mana dingkliknya udah dinaikin keluar.
Eh,,si Lia jahat itu bilang "Fi, ini baknya gw tutup ya,,gw mau nyalain keran meteran"

Wahh sedeng nih si Lia,,masa gw mau di sekep di bak penampungan ini,,"Woii, gila lo,,lo pikir sinetron!!! udah ambilin gw kursi plastik!!!"
bgitu diambil,,gw langsung naik..dah

Arghh,,,leganya bisa menghirup udara luar lagii(hahah lebai)
muka gw udah acak adut,,udah kayak TKW abis dikoyak-koyak majikan,,rambut gw kayak mbok-mbok awut-awutan, piayama gw basah dekil (untung aja gw belom mandi!!!)
begitu gw injek lantai luar,kaki gw gemeteran, dengkul gw gemelutukan..
langsung deh gw ngacir ke kamar mandi buat mandi bersih-bersih..
eh pas lagi mandi,,gw nyadar kaki gw perih,,taunya udah berdarah,,kaki gw entah kebeset apa...Sial!!

Yah,,pokoknya,,begitulah pengalaman saya hari ini mengenai kegiatan mencuci bak penampungan air..
gw serasa tersekap disana selama 10 tahun,,coba gw abadikan muka gw after-before..huh..
pagi ini benar-benar hari yang melelahkan..

No comments: