Monday, July 13, 2009

Ret-Ret penyembuhan di Lembah Carmel

Ret-Ret penyembuhan di Lembah Carmel

Well, setelah dapet tawaran gratis mengikuti ret-ret ini, yang langsung gw IYA-kan.(siapa juga yang gak mau rugi??gratis pula)
pergi lah gw mengikuti retret yang diadakan oleh komunitas bernama Shekinah.
gw gak punya bayangan kayak apa-ret-ret ini bakal terjadi. Setahu gw namanya ret-ret tuh kayak jaman SD dan SMP dan SMA, yang namanya REtret sekolah,
Jujur gw ga kebayang sekali ret-ret Penyembuhan ini seperti apa.

Jumat, 10 Juli 2009. jam 8 pagi kami pergi ke Lembah Carmel di Cikanyere. diperjalanan gw duduk sama Dita, temen gw yang ternyata juga ikut, dan kita dengerin lagu2 dir HP gw.
di tengah pjalanan, gw liat mobil sedan kebakar di tol, sumpah apinya gede banget. gw ga tau ada korban jiwa apa nggak. Sampai TKP jam 2-an.
cari kamar, mandi (sumpah tuh air kayak dari frezer), langsung masuk acara ice breaking. gw sekamar sama 3 orang, ada DIta, Siskam dan ci Elvi. Untungnya kita berempat ini langsung klop.hahha ga tau kenapa.

Gw kenalan sana-sini, acara dimulai dari ice-breaking, tea time, sesion pertama tentang Drugs (you know lah), dinner (yang sumpah makanannya sederhana abis, tapi gw ga bisa nyela, gw udah kelewat laper, dan berhubung gw ga bayar jadi mendingan tutup mulut aja)
oke, gw ga bakal ngasih rincian ini acara, karena lo pasti bakal bosen.
Retret ini kebagi dua kelompok, remaja dan umum. Jelas gw masuk kelompok remaja. Nah sistem retret ini adalah, ada beberapa sesi yang sengaja dipisahkan antara remaja dan umum, tapi kalo lagi ada sesi dengan materi yang besar maka pertemuannya digabung.
sepanjang ret-ret ini, penuh dengan doa, kami berdoa terus sepanjang hari, penuh kekyusukan, dan sangat rohani. Tema yang dibawakan sesi-sesi juga mengajarkan kita bagaimana hidup dalam kedamaian.
Karena tema retret ini adalah Penyembuhan jadi maksud dari kegiatan ini semua untuk penyembuhan luka-luka.
Dijelaskan ada 4 macam kategori luka. Ada luka batin, sakit fisik, sakit rohani, dan sakit pengaruh dari roh jahat.

Puncak acara tuh pas hari kedua, tanggal 11 Juli 2009.
Pertama kami diajak untuk menerima sakramen Tobat, yang akhirnya gw luluh untuk bertobat (mumpung pastornya ge ga kenal), buset dah namanya mau tobat kan mesti sabar,,gw harus ngantri lamaaa banget buat dapet giliran tobat.
Malam harinya, ada acara yang judulnya "Penyembuhan Luka Batin", disini kita diharapkan untuk mengampuni atau meminta maaf atas kesalahan yang pernah diperbuat atau orang lain lakukan pada kita.
Contohnya: Gw pernah disakitin orang, misalnya di santet, nah gw tau siapa pelakunya, pasti kan gw bakal dendam banget kan sama tuh orang. disesion ini gw diminta untuk memaafkan tuh orang, dan dengan dmikian luka batin gw disembuhkan.
cohtoh lain: Gw pernah nyantet orang, terus tuh orang yang gw santet sakit batin sama gw, nah di retret ini gw disuruh minta maaf sama tuh orang.

Nah, berhubung gw gak merasa disakiti atau menyakiti sampai terluka batin, makanya gw gak maju kedepan buat membasuh kaki para figur yang telah disiapkan. Gw duduk berlutut aja di Kapel sambil nangis..menangisi hidup gw yang buat banyak orang susah contohnya nyokap gw.
gw makin nangis deres waktu ada wanita yang teriak-teriak sambil nangis kayak orang kesurupan "Papa Jahat,papa jahat" , kayaknya tuh wanita sangat terluka batinnya, buktinya waktu dia mau disembuhkan dia jatuh ke lantai.
acara malam itu ditutup dengan adorasi, semacam penghormatan Tubuh Kristus yang penuh keheningan.

Hari Minggunya, kita smua pergi ke Gereja Theresia untuk misa bersama Rm.Yohanes yang terkenal itu. Gw awalnya gak tau apa hebatnya romo ini, mana homilinya panjang abis, bikin gw ngantuk, sampesampe gw harus nyubitin badan gw biar ga keliatan ngantuk,,
dan pas akhir misa gw baru tahu, kenapa Rm.Yohanes ini terkenal. karena dia dilebihi kekuatan untuk menyembuhkan orang-orang. Banyak banget yang hadir di misa itu disembuhkan. ada yang kena kanker payudara, tumor, asma, mag, migrain, dll. Wah sakti banget deh.
oke mungkin kalo kalian beragama lain, bakal bilang ini kekuatan seperti dukun. BUKAN!!! kalian salah!! ini semacam kekuatan dan mukzijat doa yang ikhlas. gw percaya itu!!

habis misa, makan siang terus pulang deh!!
tiga hari di lembah karmel, mmbuat gw untuk lebih banyak mikir. Emang sih gw belum sembuh secara total. seenggaknya gw udah mengerti, dan akan mengamanatkan apa pesan yang ada pada retret ini.
Yah, karena gw orangnya amat-sangat-suka-tidur,,makanya sepanjang acara acara yang penuh dengan doa-doa,,gw diterpa ngatuk yang amat sangat!! sekali tuh gw kabur dari sesi penyembuhan (gw kekamar malah tidur siang, soalnya gw tau malemnya kita bakal dapet acara doa yang lebih panjang)hehhe licik yaa..

oya, awalnya sih gw pikir bakal banyak cowok-cowok yang bisa buat gw cuci mata, yah pas sampe sono ketemunya sama cina-cina..hahah(maav), tapi kebanyakan juga cewek, ga ada cowok yang bisa dilirik.
yah, seperti yang sudah-sudah..gw ketemu satu PRIA, (chinnese), gw udah lama tau dia, tapi gak kenal dia siapa, gw cuma sering liat doang tuh Pria.
yg gw tau tuh orang setiap tiga bulan sekali donor darah dan umurnya 31 tahun (ya wong gw jadi tukang registernya dia mulu), tapi dia ga kenal gw siapa.

inisialnya RL, dia panitia di retret ini, sie Dokumentasi, jadi otomatis dia kemana mana bawa DSLR yang super keren.
dan bbrapa kali gw nge-gap dia lagi take shooting ke arah gw (hahah, ga tau gwnya yang kepedean ,atau emang dia lagi moto gw dan teman2)
dan pas gw lagi ngobrol-ngobrol gitu sama panitia yang gw kenal, namanya ci Magda, seperti yang udah gw duga, PRIA itu udah MARRIED!!!
Shit abis!!whuu,,,tapi kok jari manisnya ga ada cincin??

okelah..bgitu aja pengalaman retret penyembuhan gw,,walopun gw belum sembuh total, gw sangat menikmati retret ini!!

smoga donor darah bisa sering, biar gw bisa ketemu itu orang lagi,,gw udah nemu FBnya, tapi gw ga berani add, shitty abis!!

No comments: